Perlu Sewa Mobil di Surabaya Hubungi Kami di Sini Untuk Respon Lebih Cepat
  • 031 878 1596
  • 081 252 222 062 - 085 852 855 677
  • Penjaringan Asri PS I E, No.8-9 Surabaya

Klenteng Sanggar Agung Surabaya

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Liburan ke Surabaya akan terasa pas di saat Imlek karena banyak etnis Tionghoa di kota ini. Mereka biasanya meramaikan Kelenteng Sanggar Agung dimana konon Dewi Kwam Im memperlihatkan dirinya. Penasaran?
Bali punya pura yang bertengger di pesisir pantai, Surabaya juga punya kelenteng yang berdiri kuat di pinggir pantai. Kalau jalan-jalan ke Pantai Ria Kenjeran traveler akan menjumpai bangunan kelenteng unik yang dibangun 15 tahun lalu.
Kelenteng ini punya patung Dewi Kwam Im ikonik, yang dihadapkan ke laut. Dibuatnya patung itu konon seorang penjaga kelenteng melihat wujud wanita berjubah putih berjalan di atas laut saat menutup kelenteng.
Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong San Tang di Jl. Sukolilo 100 adalah tempat menarik lain di dalam kompleks Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, tepat di seberang Patung Buddha Empat Muka. Kelenteng selalu merupakan tempat menarik yang saya ingin lihat ketika berkunjung ke suatu kota di mana saja.
Sama dengan ketertarikan untuk mengunjungi Candi, Masjid, Vihara dan dalam frekuensi yang lebih jarang, Gereja. Kebanyakan kelenteng dipergunakan sebagai tempat sembahyang bagi penganut Tri Dharma, yaitu agama Tao, Kong Hu Cu, dan Buddha.
Suasana agak temaram ketika saya memasuki pintu gerbang Kelenteng Sanggar Agung, melewati sebuah taman yang cukup luas, dan lalu masuk ke bangunan utama kelenteng. Tidak ada yang menyapa ketika saya masuk ke dalam bangunan Kelenteng Sanggar Agung ini, dan karenanya ada perasaan bebas untuk memotret, tanpa harus mengganggu mereka yang tengah bersembahyang.
Klenteng Sanggar Agung atau Hong San Tan dibangun pada tahun 1991, di tepi laut dan hutan bakau. Selain sebagai tempat beribah, juga merupakan tempat wisata. Tampak dari depan klenteng ialah gapura bernuansa Bali. Di halaman depan terdapat simbol Yin dan Yan, kemudian terdapat kolam teratai. Setelah melewati klenteng atau tempat sembahyang, pengunjung akan mendapati halaman belakang yang tepat berada di tepi pantai. Di tepi pantai berdiri patung Dewi Kwan Im berwarna putih, setinggi 18 meter. Di kanan kiri patung Dewi Kwan Im terdapat patung dua penjaga, empat Maharaja Langit dan dua naga dengan ekor yang panjang. Patung naga tersebut panjangnya 6 meter. Di sisi kiri halaman belakang terdapat patung Guang Go beserta dua pengawalnya. Dibalik gerbang patung Dewi Kwan Im, tampak laut kenjeran, dengan tanaman bakau disampingnya. Sesekali tampak burung bangau bermain di pasir pantai.